top of page

Did You Know? Solid Surface

Updated: Jul 6, 2022


Solid Surface Sheet - image by: indiamart.com

Solid surface adalah material sintetis (buatan) yang terbuat dari bahan campuran akrilik, polyesteresin, pigmen warna, bahan kimia phenolic. Jika dilihat dari pola warna dan motifnya, Solid Surface memiliki kemiripan dengan batu marmer dan batu granit, tetapi jauh lebih ringan karena material pembentuknya.


Apabila menggunakan bahan 100% akrilik maka Solid Surface akan memiliki ketahanan yang lebih kuat, dibandingkan dengan batu marmer ataupun batu granit, bahkan dibandingkan jenis Solid Surface yang berbahan campuran sekalipun.


Kandungan bahan kimia phenolic yang bisa membuat anti gores, anti noda dan warna tidak mudah kusam sehingga dipakai puluhan tahunpun tidak akan berubah warna dan motif.


Penggunaan Solid Surface

Berikut beberapa penggunaan solid surface yang bisa menjadi inspirasi untuk anda:


1. Top Table

Top Table - image by: dekoruma.com

Solid surface bersifat padat dan tidak memiliki pori sehingga aman dari bahan makanan dan air, material ini juga lebih tahan terhadap panas. Menariknya adalah produk ini dapat digabungkan dengan bahan sejenis tanpa terlihat disambung, sehingga tampilan top table terlihat bersih dan mulus.


2. Penutup Dinding/Partisi

Solid Surface Wall - images by: solidsurface.com, 4willis.com

Dengan penggunaan solid surface yang ramping dan mulus di setiap sudut dinding, tidak ada sambungan atau retakan yang terlihat yang dapat mengumpulkan kotoran dan kelembapan.


Partisi kamar kecil, dinding pemisah semuanya dapat dibuat dari Solid Surface


3. Furniture

Solid Surface Furniture - images by: wayfair.com, harvey-george.com, kraususa.com

Solid Surface juga bisa digunakan sebagai material untuk furniture. Solid surface adalah bahan yang sangat fleksibel dan menarik sehingga tidak ada batasan untuk seorang desainer yang imajinatif.


Solid surface dapat dibentuk, diukir dan dikombinasikan dengan bahan lain. Juga dapat dipotong, sandblasted, dicetak atau thermoformed, hias atau backlit. Sehingga solid surface dapat digunakan untuk membuat meja, kursi, rak, dll.


PROS

  • Mudah dibersihkan karena memiliki pori-pori kecil, kotoran pun tidak akan meresap kepermukaan meja.

  • Memiliki fleksibilitas tinggi, akan lebih mudah membentuk dan memasangnya.

  • Salah satu alasan orang memilih material solid surface adalah memiliki banyak varian motif, warna, dan ukuran.

  • Dapat dipoles ulang sehingga bisa terlihat seperti baru lagi.

  • Memiliki daya tahan yang lebih kuat, tidak mudah pecah jika terhantam benda-benda padat.


CONS

  • Harga termasuk yang cukup mahal jika menggunakan solid surface yang bermerk. Harga bisa menjadi lebih murah jika anda menggunakan solid surface produksi sendiri/tidak bermerk, tetapi anda harus tetap memilih produsen yang baik.

  • Meski tidak mudah pecah, material sintetis ini lebih mudah tergores walaupun bisa dipoles kembali untuk merapihkan goresannya.

  • Jika digunakan sebagai lantai, material sintetis ini sangat licin, apalagi jika dalam keadaan basah.


PROJECT ARALVS

Selain design & build untuk arsitektur dan interior, kami juga mengerjakan design & build untuk furniture seperti kitchen cabinet, lemari, meja, kursi, tempat tidur, dll.


Dibawah ini adalah beberapa proyek kami yang yang menggunakan Solid Surface untuk furniture nya.


Solid Surface - by: Aralvs

KESIMPULAN

Solid surface adalah material yang biasa digunakan sebagai alas meja atau bagian dari konstruksi rumah. Ada beragam cara yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan meja. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan solid surface.


Meskipun harganya cukup mahal, tetapi kualitasnya sangat baik dan tampilannya pun tidak kalah dengan material solid lainnya seperti granit atau marmer.

Selain kelebihan dan kekurangan yang sudah kami sebutkan diatas, sebaiknya penggunaan Solid Surface pada rumah anda disesuaikan juga dengan tema desain dan fungsi ruangannya sehingga tetap memiliki nilai estetikanya.



Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Solid Surface beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda dalam memilih material bangunan yang akan anda gunakan.


Silahkan follow Instagram kami untuk mengetahui lebih banyak mengenai material serta update tentang proyek yang sedang kami kerjakan.



ARALVS DESIGN CLUB

14 views0 comments

Recent Posts

See All

Opmerkingen


bottom of page