top of page

Did You Know? Teraso

Teraso atau Terrazzo berasal dari bahasa Italia yang berarti teras atau penutup lantai depan rumah. Terbuat dari semen, marmer dan pasir yang diolah sehingga menjadi alternatif sebagai penutup lantai.


Secara umum ada dua jenis lantai Teraso yaitu Teraso Kasar untuk eksterior dan Teraso Halus untuk interior.


Terrazzo - dekoruma.com

Terdapat juga Teraso Resin, perbedaannya dengan Teraso pada umumnya adalah dalam penggunaan Resin sebagai pengganti Semen, sehingga bobot lebih ringan dibandingkan dengan Teraso yang berbahan dasar semen.


Terrazzo Resin - source.thenbs.com

Karakteristik utama lantai teraso adalah motifnya yang menyerupai pecahan batuan. Ukuran, bentuk, serta warnanya yang tidak seragam membuat permukaan lantai terlihat unik.

MACAM - MACAM KEGUNAAN TERASO


Selain untuk penutup lantai, Teraso juga bisa digunakan sebagai:


Teraso sebagai penutup dinding. Motif abstrak yang artistik menjadikan teraso cocok digunakan sebagai sentuhan akhir untuk menciptakan kesan mewah pada interior ruangan.


Terrazzo Wall

Teraso sebagai pelindung area backsplash/countertop. Dapur menjadi tampak lebih artistik dengan backsplash terrazzo.



Terrazzo Backsplash/Countertop

Teraso sebagai furniture. Membuat suasana ruangan menjadi lebih cantik dan menarik.


Terrazzo Furniture

Teraso sebagai elemen dekoratif. Jika anda tidak ingin menggunakannya pada dinding atau lantai karena terkesan berlebihan, anda selalu bisa menambahkan elemen teraso pada aksesoris rumah anda.


Terrazzo Decoration

PROS

Keunggulan dari Teraso adalah dapat menyesuaikan dengan suhu ruangan, lebih awet dari lantai keramik, keragaman corak yang menawan, tahan beban berat dan perawatan yang relatif mudah karena apabila lantai tersebut tergores bisa diperbaiki

dengan memolesnya.


CONS

Harga material teraso untuk lantai masih tergolong mahal jika dibandingkan dengan

sejumlah jenis lantai lainnya seperti ubin keramik, proses pemasangan lantai teraso cukup rumit sehingga membutuhkan tenaga ahli.


PROJECT ARALUS

Beberapa proyek kami yang yang menggunakan material Teraso untuk penutup lantai

dan dinding pada rumah tinggal.


Terrazzo wall and floor - By Aralvs

KESIMPULAN

Selain menarik dan dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih artistik, kekuatan Teraso jauh lebih unggul dibanding dengan lantai keramik. Teraso tidak mudah retak bila harus menopang barang atau beban yang berat dalam kurun waktu yang lama.


Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Teraso beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda dalam memilih material bangunan yang akan anda gunakan.


Silahkan follow Instagram kami untuk mengetahui lebih banyak mengenai material serta update tentang proyek yang sedang kami kerjakan.



ARALVS DESIGN CLUB


22 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page